HTML

Iklan

CIRI-CIRI CACINGAN

CIRI-CIRI CACINGAN
Terdapat ciri-ciri cacingan yang dapat dikenali. Gejala Cacingan bukanlah hal yang sepele. Hingga sampai saat ini, masyarakat kita masih menganggap cacingan (termasuk gejala cacingan) merupakan hal yang sepele, padahal faktanya penyakit ini bisa menurunkan tingkat kesehatan anak. Di antaranya, menyebabkan anemia, IQ menurun, ngantuk, malas beraktivitas, berat badan kurang dan sebagainya.
Berikut gejala cacingan berdasarkan jenis cacing yang menginfeksinya:
Cacing kremi
Gejalanya adalah rasa gatal di sekitar daerah anus atau vulva (kemaluan wanita). Gejala ini akan memburuk di malam hari ketika cacing kremi biasanya akan keluar dari permukaan tubuh untuk menaruh telurnya di sekitar anus/vulva. Cacing juga biasanya dapat terlihat di feses.
Cacing gelang
Biasanya tidak menimbulkan gejala, meskipun untuk jenis toxocara canis dapat menyebabkan masalah penglihatan apabila terdapat di mata karena menimbulkan radang & luka pada retina mata. Cacing gelang ini juga dapat berpindah ke bagian paru-paru menyebabkan timbulnya batuk & asma, serta menimbulkan bengkak di organ tubuh lain.
Cacing pita
Dapat menimbulkan rasa sakit di daerah perut. Cacing pita dapat menutupi daerah otot, kulit, jantung, mata & otak.
Berikut point-point umum gejala cacingan yang sering muncul jika seseorang terinfeksi:
  1. Lesu dan lemas: Lesu dan lemas di akibatkan kurang darah (anemia), dimana ini terjadi karena cacing (dalam hal ini lebih ditekankan pada cacing tambang) darah yang berkembangbiak memerlukan nutrisi, dimana mereka mengambilnya dengan menghisap darah.
  2. Nyeri di perut: Cacingan juga dapat menimbulkan sakit perut, pada banyak kasus nyeri ini berkembang hingga dapat menyebabkan diare.
  3. Berat badan rendah karena kekurangan gizi: Singkatnya nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh menjadi makanan cacing.
  4. Batuk: Biasanya lama proses penyembuhannya, bahkan tidak sedikit penderita tidak kunjung sembuh
Apabila terjadi infeksi yang lebih lanjut menunjukkan cacing sudah berpindah tempat dari usus ke organ lain, sehingga menimbulkan kerusakan organ & jaringan, dapat timbul gejala:
  • Demam
  • Adanya benjolan di organ/jaringan tersebut
  • Dapat timbul reaksi alergi terhadap larva cacing
  • Infeksi bakteri
  • Kejang atau gejala gangguan syaraf apabila organ otak sudah terkena
Share This :