HTML

Iklan

FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGUNA JASA RUMAH SAKIT ADVENT MANADO

FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGUNA JASA RUMAH SAKIT ADVENT MANADO
ABSTRAK: Kebutuhan  masyarakat  terus  berkembang  seperti  kebutuhan  akan  pelayanan  kesehatan,  karena kesehatan  merupakan  salah  satu  kebutuhan  hidup  yang  sangat  penting  dalam  menunjang  aktifitas.  Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap pentingnya kesehatan merupakan salah satu alasan bahwa kebutuhan akan  prasarana  kesehatan  meningkat.  Fasilitas  merupakan  sarana  maupun  prasarana  penting  dalam meningkatkan  kepuasan.  Penyedia  jasa  pelayanan  kesehatan  harus  mampu  memberikan  pelayanan  medis  atau fasilitas  dalam  penyembuhan  penyakit  dan  pemulihan  kesehatan  yang  selalu  berusaha  meningkatkan  mutu pelayanan  yang  berorientasi  kepada  kepuasan  pelanggan.  Tujuan  penelitian  untuk  mengetahui  apakah  fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa Rumah  Sakit Advent Manado. Populasi yang  digunakan  5.220  pengguna  jasa  RS  Advent,  dan  sampel  diambil  100  responden  menggunakan  metode purposive  sampling.  Analisis  yang  digunakan  regresi  linear  berganda.  Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa fasilitas  dan  kualitas  pelayanan  secara  simultan  dan  parsial  berpengaruh  signifikan  terhadap  kepuasan pelanggan. Rumah Sakit Advent Manado memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk mempermudah apabila membutuhkan  jasa  Rumah  Sakit  Advent  dengan  segera.  Begitupun  kualitas  pelayanan  yang  baik  tentunya menciptakan  kepuasan  pengguna  layanan.  Rumah  Sakit  Advent  Manado  selalu  berusaha  fokus  terhadap kepuasan  pelanggan  dan  tanggap  terhadap  pasien  yang  datang  dan  memberikan  pelayanan  kesehatan  dengan memakai tenaga yang terampil dan profesional agar kualitas pelayanan yang diberikan memenuhi harapan dari pasien.
Kata kunci: fasilitas, kualitas pelayanan, kepuasan
Penulis: Steffi Mongkaren
Kode Jurnal: jpmanajemendd130263
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini.... >>> KLIK DISINI <<<
Atau download gratis di bawah ini:
Share This :