ABSTRACT: Pendidikan pada anak-anak seharusnya lebih menekankan pengembangan soft skill dengan cara bermain. Namun kenyataannya masih banyak pembelajaran untuk anak-anak yang lebih mendasarkan aspek kognitif, di antaranya dengan bertitik tolak pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) secara formal. Penelitian ini mengemukakan pengembangan prototipe aplikasi digital game-based learning (DGBL) yang responsif untuk anak-anak usia dini dengan fitur reinforcement dan penguatan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Hasil validasi media oleh ahli memperlihatkan bahwa produk yang dikembangkan sudah layak digunakan, di mana didapatkan tingkat validitas media sangat tinggi, yaitu 91,25%.
Penulis: Didik Dwi Prasetya, Wahyu Sakti G.I, Syaad Patmanthara
Kode Jurnal: jptlisetrodd130817
Share This :
comment 0 komentar
more_vert